Home / Peraturan Akademik

Peraturan Akademik

PERATURAN AKADEMIK AKBID LAPATAU BONE

Untuk tertib akademik dalam rangka kepentingan belajar mahasiswa Akademi kebidanan Lapatau Bone (dari lulusan SMU/sederajat), dibuat aturan-aturan umum sebagai berikut:

SELEKSI CALON MAHASISWA BARU

Persyaratan Umum :

  1. Warga negara Indonesia.
  2. Lulusan SMU, SMA, SMK, Madrasah Aliyah/sederajat
  3. Sehat jasmani dan rohani, yang dinyatakan dengan surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari dokter dan melampirkan hasil pemeriksaan laboratorium bebas narkoba.
  4. Foto copy ijazah yang dilegalisir 3 lembar.
  5. Foto copy NEM yang dilegalisir 3 lembar.
  6. pas photo warna ukuran 4X6, 3X4, 2X3 masing-masing 3 lembar.
  7. Foto copy Transkip Nilai, 3 lembar.

CUTI AKADEMIK

Cuti akademik adalah penghentian studi untuk sementara, ketidakikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan akademik selama maksimal 2 (dua) semester. Cuti kuliah dapat diberikan bagi mahasiswa yang telah menjalankan perkuliahan selama 2 (dua) semester atau 1 (tahun).

Syarat-syarat cuti Akademik:

  1. Telah melewati masa perkuliahan semester I dan II, dan telah mendapatkan KHS semester I dan II;
  2. Bukan karena melanggar UUD dan peraturan pemerintah, melakukan tindak pidana atau ketentuan pendidikan di Akademi Kebidanan Lapatau Bone yang dianggap sangat fatal;
  3. Melunasi seluruh administrasi di semester I dan II serta membayar administrasi selama masa cuti sesuai dengan ketentuan dari Akademi Kebidanan Lapatau Bone;
  4. Mengajukan surat cuti akademik ke pendidikan minimal 1 bulan sebelum masa cuti perkuliahan di semester yang dimaksud;
  5. Melampirkan surat dari orangtua kepada pendidikan yang menyetujui cuti akademik yang diajukan mahasiswa yang bersangkutan;
  6. Memberikan alasan cuti akademik yang benar
  7. Cuti akademik yang diperbolehkan dengan kondisi-kondisi tertentu:
  • Sakit (wajib menyertakan surat keterangan dari dokter)
  • Orangtua (permohan-permohonan tertentu yang dapat disetujui pendidikan, misal karena kondisi kesehatan orangtua, dll, yang merupakan solusi terbaik bagi mahasiswa)
  • Bagi mahasiswa yang saat masuk ke Akademi Kebidanan Lapatau Bone dengan status telah menikah dan pada saat perkuliahan hamil, maka mahasiswa tersebut wajib mangambil cuti akademik selama masa kehamilan dan masa nifas yang suratnya diketahui oleh suami dan orang tua).
  • Cuti akademik yang diperbolehkan pada mahasiswa adalah sekali (satu kali/1x) selama masa pendidikan di Akademi Kebidanan Lapatau Bone
  • Membuat surat pernyataan bahwa mahasiswa yang bersangkutan benar sedang cuti kuliah dan aktif kembali setelah selesai masa cuti
  • Masa cuti yang diberikan adalah 1 tahun (2 semester)
  • Di tiap semester selama masa cuti mahasiswa wajib melakukan pembayaran administrasi dan melapor ke pendidikan dengan membawa bukti pembayaran administrasi
  • Jika mahasiswa tidak aktif kembali 1 bulan setelah masa cuti selesai dan tidak mengikuti persyaratan cuti akademik atau setelah masa cuti tidak kembali mengikuti pendidikan, maka dengan sendirinya mahasiswa tersebut dinyatakan mengundurkan diri atau keluar dari pendidikan (putus kuliah/DO=Drop Out) dan semua biaya adminsitrasi yang telah dibayarkan ke Akademi Kebidanan Lapatau Bone tidak dapat diminta kembali.

 

AKTIF KEMBALI SETELAH CUTI AKADEMIK

Setelah menjalani masa cuti akademik, mahasiswa dapat mengikuti kuliah kembali. Mahasiswa yang bersangkutan, wajib mengajukan surat ke bagian pendidikan yang menyatakan akan aktif kembali mengikuti pendidikan.

Syarat-syarat aktif kembali mengikuti pendidikan:

  • Mengajukan surat aktif kuliah kembali ke bagian pendidikan minimal 1 bulan sebelum masa cuti berakhir atau 1 bulan sebelum mengikuti perkuliahan disemester dimana mahasiswa akan aktif kembali mengikuti perkuliahan yang ditujukan kepada direktur
  • Telah melunasi administrasi selama masa cuti
  • Mengisis KRS untuk semeter yang akan dijalani setelah masa cuti
  • Jika alasan cuti karena sakit, maka menyertakan surat keterangan sehat dari dokter yang juga menyatakan telah diperbolehkan melaksanakan kegiatan seperti biasa dan dapat mengikuti perkuliahan
  • Jika alasan karena hamil (bagi mahasiswa yang saat mendaftar dan diterima menjadi mahasiswa telah menikah) menyertakan surat izin mengikuti perkuliahan dari suami dan keluarga sehingga dapat mengikuti seluruh proses belajar mengajar di Akademi Kebidanan Lapatau Bone dan sepenuhnya mendapat dukungan dari suami dan keluarga
  • Jika alasan karena hal lain yang disampaikan dalam syarat cuti pada point 7 (b) menyertakan surat izin dari orang tua dan bersedia menanggung seluruh biaya selama proses pendidikan di Akademi Kebidanan Lapatau Bone
  • Setelah selesai masa cuti dan mahasiswa aktif kembali mengikuti perkuliahan maka mahasiswa mengikuti perkuliahan disemester dimana mahasiswa melaksanakan cuti, sehingga masa perkuliahan tertunda selama satu (1 tahun) namun dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yang tetap seperti pertama sekali diterima menjadi mahasiswa.
  • Mengisi formulir aktif kuliah kembali yang disediakan di pendidikan

PERATURAN TAMBAHAN

Peraturan tambahan ini, dibuat untuk mengatur secara tegas dan jelas, mengenai ketentuan tentang kondisi mahasiswa selama kuliah di Akademi kebidanan Lapatau Bone. Yang sifatnya tegas, dan jika mahasiswa melanggar ketentuan ini, jelas akan mendapatkan sangsi akademik dan sangsi administratif.

Ketentuan untuk menikah

Mahasiswa yang mendaftar dan dinyatakan diterima sebagai mahasiswa Akademi Kebidanan Lapatau Bone dengan status belum menikah, jika hendak menikah harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Telah menyelesaikan perkuliahan semester II, dengan nilai ke 4 semester tersebut minimum IP di tiap semester adalah 2.00 dan IPK. 2.00.
  2. Mengajukan izin menikah ke pendidikan bersama orang tua mahasiswa yang bersangkutan minimal 2 bulan sebelum menikah secara tertulis, disetujui oleh orang tua kedua belah pihak (mahasiswa dan calon suami).
  3. Membuat surat pernyataan bahwa akan terus melanjutkan sampai selesai yang didukung oleh suami dan keluarga. Sampai menyelesaikan kuliah di Akademi Kebidanan Lapatau Bone.

Ketentuan izin

  1. Izin, tidak kuliah pada jam perkuliahan, harus menyertakan surat dari orang tua di sertai foto copy KTP orang tua yang bersangkutan.
  2. Izin kuliah tetap harus memenuhi kriteria kehadiran 75%.

Ketentuan cuti sesuai dengan kasus yang di tuangkan dalam peraturan tambahan

  1. Bagi mahasiswa yang cuti karena hamil dan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku diwajibkan membayar administrasi sepanjang sisa masa kuliah didepan yang belum dijalani oleh mahasiswa yang bersangkutan.
  2. Syarat cuti sesuai ketentuan administrasi yang berlaku di Akademi Kebidanan Kebidanan Lapatau Bone.

SANKSI ADMINISTRASI DAN SANKSI AKADEMIK

Untuk ketentua poin 1 tentang Menikah

Apabila mahasiswa menikah diluar ketentuan yang dimaksud dalam poin 1(a) diatas, maka mahasiswa dikenakan sanksi berupa:

  1. Jika Mahasiswa hamil harus mengambil cuti (2 semester).
  2. Cuti akademik selama 1 tahun, pada saat mahasiswa tersebut hamil. Dikenakan sanksi administrasi sebesar 50 % pembayaran uang kuliah selama masa cuti.
  3. Wajib melunasi adminitrasi di Akademi Kebidanan Lapatau Bone sampai selesai masa pendidikan, misal: mahasiswa menikah di semester III, maka mahasiswa wajib membayar uang kuliah dari semester III sampai semester VI. Untuk memastikan bahwa mahasiswa tersebut akan terus melanjutkan pendidikannya sampai selesai tanpa alasan keuangan dikemudian hari dan mahasiswa tersebut akan terbeban menyelesaikan pendidikannya. Hal ini untuk menghindari kejadian putus kuliah karena telah menikah.
  4. Mahasiswa yang hamil di luar, dengan mendapatkan bimbingan dan konseling terlebih dahulu, untuk menemukan solusi terbaik bagi mahasiswa, sanksi terberat adalah  drop out dari Akademi Kebidanan Lapatau Bone.
  5. Apabila mahasiswa yang terkena sanksi tidak sanggup melaksanakan sanksi atas dirinya maka yang bersangkutan diminta mengundurkan diri.

Untuk ketentuan poin 2, tentang Izin

Jika kehadiran kurang dari 75% tidak dibenarkan mengikuti Ujian Akhir Semester.

Untuk ketentuan poin 3, tentang cuti

Cuti akademik yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Akademi kebidanan Lapatau Bone, selain dikenakan biaya administrasi 50 % uang kuliah, mahasiswa diwajibkan membayar uang kuliah untuk semester yang belum di jalani sampai selesai

 

 

                                                                                                                                                                      AKBID  Lapatau Bone

                                                                                                                                                                      Direktur,

 

 

 

 

                                                                                                                                                                     ERMAWATI, S.ST