Home / S1 Hukum

S1 Hukum

Informasi Umum

YAYASAN ANDI SUDIRMAN Mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Pengayoman Bone  pada tahun 1999. dengan bekerjasama dengan instansi Pengadilan Negeri Watampone, Pengadilan Agama Watampone, Pengadilan Negeri Sinjai, Pemerintah daerah Kab. Bone, dan lain-lain. Bekerjasama dengan pihak intansi Mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu hukum yang diperolehnya melalui prosedur hukum acara, Mahasiswa dapat mengetahui prosedur perkawinan dan perceraian di pengadilan agama, Mahasiswa dapat mengimplementasikan Ilmu Hukum yang diperolehnya melalui prosedur hukum acara, dan Realisasi bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Sekolah Tinggi dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum  untuk program studi yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pengayoman Watampone adalah  memberikan  pedoman beberapa Mata Kuliah yang wajib diberikan  pada seluruh  Program Studi yang ada disesuaikan dengan kompetensi lulusan STIH Pengayoman.

Dalam hal ini kebijakan tentang suasana akademik memfasilitasi dosen untuk melakukan Tri darma perguruan Tinggi, memacu percepatan karir dosen dalam hal pendidikan, maupun dengan jabatan  akademik dosen, dan penerbitan jurnal. Penyediaan sarana  pembelajaran diantaranya penyedian ruang kuliah berfasilitas multimedia. Dukungan dana disiapkan melalui Rencana Anggaran Pengembangan Tahunan untuk Prodi. Kegiatan akademik di dalam kampus  melalui seminar.

Sarana perkantoran, perkuliahan, dan laboratorium yang dimiliki sekolah tinggi untuk terlaksananya proses akademik sudah mencukupi. Pelayanan administrasi kemahasiswaan menggunakan komputer. Semua area kampus terjangkau oleh hot spot yang dapat diakses/digunakan oleh semua mahasiswa, sehingga mahasiswa mendapatkan informasi dengan cepat. Ruang perkuliahan telah dilengkapi sarana teknologi informasi sehingga memudahkan mahasiswa untuk mengikuti materi perkuliahan yang disampaikan oleh dosen dengan baik. 80% ruangan perkuliahan telah menggunakan kipas angin dan AC sehingga mahasiswa dapat belajar dengan nyaman. Laboratorium praktikum, dibuat sesuai dengan standar yang ada. Laboratorium praktikum dibuat sesuai dengan kapasitas kelompok  sehingga mahasiswa dapat belajar dengan maksimal. Laboratorium praktikum menggunakan satu alat satu mahasiswa, sehingga materi praktik yang diajarkan dapat dilaksanakan oleh mahasiswa secara optimal. Fasilitas untuk menambah pengetahuan mahasiswa tersedia lengkap di perpustakaan di unit-unit kampus. Setiap tahun setiap prodi menganggarkan dana untuk pembelian buku-buku yang dapat menunjang dan menambah pengetahuan mahasiswa. Kendala yang dihadapi adalah terbatasnya ruangan yang dimiliki oleh kampus, karena letak kampus berada di wilayah kota Watampone yang sudah berbatasan langsung dengan pemukiman warga sehingga sulit untuk mengembangkan jumlah gedung/ruangan yang ada. Padahal dari waktu ke waktu jumlah mahasiswa STIH Pengayoman Watampone semakin banyak, karena animo dan kepercayaan masyarakat semakin meningkat.

Prasarana yang ada di sekolah tinggi untuk program studi yang ada di lingkungan STIH belum memenuhi rasio. Ruangan kelas yang merupakan salah satu prasarana perkuliahan yang ada di sekolah tinggi disesuaikan dengan jumlah mahasiswa yang ada di program studi. Dengan bertambahnya jumlah mahasiswa pertahun maka perlu penambahan ruangan kelas untuk  perkuliahan yg di dilengkapi dengan sarana prasarana berkapasitas 30-45 mahasiswa. Untuk lima tahun ke depan direncanakan penambahan ruangan kelas sebagai tempat perkuliahan mahasiswa yang di lengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung kenyamanan dan efektifitas perkuliahan seperti AC, LCD, dll.

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum STIH Pengayoman Watampone memiliki komitmen untuk mengembangkan sistem informasi secara luas, baik untuk jaringan, komputer, maupun perangkat lunak yang ditunjukkan pada alokasi dana. Kebutuhan system informasi  berupa pangkalan data dan server yang diperuntukkan mendukung kegiatan akademik maupun non akademik. Selain itu, beberapa sistem informasi yang lain masih dalam proses pengembangan.Saat ini telah ada hot spot di kampus,yang diorientasikan pada akses informasi yang cepat bagi semua warga kampus.Sistem informasi yang digunakan untuk membantu kelancaran yang ada. Sistem manajemen ruang yang disingkat simeru, digunakan sebagai pengendali dan pengatur ruang perkuliahan sehingga ruangan yang digunakan tidak bersamaan dan sesuai dengan kapasitas jumlah mahasiswa. Sistem manajemen ruang juga dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mengetahui jadwal dosen ketika sedang mengajar. Untuk mengatur sistem informasi akademik fakultas memanfaatkan sistem informasi akademik.